cover
Contact Name
Hengki Tamando
Contact Email
hengki_tamando@yahoo.com
Phone
+6285297583991
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Romeby Lestari Housing Complex Blok C Number C14, North Sumatra, Indonesia
Location
,
INDONESIA
TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)
ISSN : -     EISSN : 27161579     DOI : -
TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) is a scientific multidisciplinary journal published by Institute of Computer Science (IOCS). It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Community Services, Information and Communication Technology, People, Local Food Security; Training, Marketing, Appropriate Technology, Design; Community Empowerment, Social Access; Student Community Services; Border Region, Less Developed Region; Education for Sustainable Development; Student Creativity Program (PkM), Village Development Grant Program (PHBD); Counseling, Socialization to the Community; and all related to Community Service (PKM).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2021): Mei: TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)" : 7 Documents clear
PkM: Penyuluhan dan Pelatihan Teknologi Robotika dan Animasi Ibnu Rasyid Munthe; Ramadani Pane; Budianto Bangun; Ali Akbar Ritonga; Inez Chania Panjaitan
TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Vol. 4 No. 1 (2021): Mei: TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)
Publisher : Institute of Computer Science (IOCS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan pada Siswa/i Ibay Komputer Rantauprapat dengan baik peserta dan staf yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 35 orang dimana siswa yang mengikuti penyuluhan dan pelatihan dari tingkat SMA Sebanyak 10 orang dengan persentase 29%, pelajar tingkat SMK sebanyak 20 orang dengan persentase 57%, kemudiaan Diploma sebanyak 5 orang dengan persentase 14%, siswa dan staf yang mengikuti penyuluhan dan pelatihan tersebut. Hasil Post Test yang dilakukan diakhir acara siswa dan staf yang memahami materi penyuluhan dan pelatihan teknologi robotika dan animasi yang menyatakan paham sebanyak 29 orang dengan persentase 83% dan 6 orang yang menyatakan tidak paham dengan persentase 17%. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa animo terhadap acara penyuluhan dan pelatihan teknologi robotika dan animasi sangat baik. Hal ini mengindikasikan bahwa para Siswa/I dan staff ibay komputer menyambut positif kegiatan yang telah dilakukan. Sesuai dengan harapan mereka sangat mengharapkan adanya kegitan-kegiatan yang sifatnya memberikan edukasi dan pelatihan memberi pengetahuan yang baru dan inovasi
PkM: Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Online Menggunakan Google Classroom Yulia Utami; Desi Vinsensia
TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Vol. 4 No. 1 (2021): Mei: TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)
Publisher : Institute of Computer Science (IOCS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Melaksanakan Kegiatan pengabdian masyarakat bagi dosen merupakan salah satu tugas sebagai pelaksanaan Tridarma perguruan tinggi termasuk pelaksanaan pengabdian ini adalah suatu upaya STMIK Pelita Nusantara Medan agar terlaksananya Tridarma perguruan tinggi untuk memberikan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat. Pada pengabdian ini dilakukan pada Sekolah SMPN 3 Secanggang yang mengambil tema Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Online Menggunakan Google Clasroom yang bertujuan memberikan bekal kemampuan dan pengetahuan dalam hal pengajaran online. Permasalah yang dialami mitra yakni masih belum menggunakan Google Clasroom dalam pembelajaran online, selama ini pembelajaran dirumah berlangsung para guru menggunakan media komunikasi seperti Whatsapp, dikarenakan tidak semua guru memahami pemakaian aplikasi pembelajaran online termasuk Google Classroom. Hal inilah yang melatarbelakangi pelaksanaan PkM yang berjudul Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Online Menggunakan Aplikasi Google Clasroom. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah SMPN 3 Secanggang dengan metode ceramah, diskusi dan praktikum langsung. Melalui kegiatan ini, diharapkan ketrampilan dan pemahaman guru meningkat terkait penggunaan aplikasi dalam pembelajaran online.
PkM: Menghidupkan Kembali Permainan Tradisional untuk Mengurangi Intensitas Bermain Game Online Pada Anak-Anak di Desa Genilangit Slamet Riyanto; Brilian Habib Pipo
TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Vol. 4 No. 1 (2021): Mei: TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)
Publisher : Institute of Computer Science (IOCS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permainan tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia memiliki manfaat yang luar biasa terhadap tumbuh kembang anak. Akan tetapi permainan tradisional ini sudah banyak ditinggalkan dan banyak anak-anak yang tidak tahu jenis permainan tradisional tersebut. Adanya fenomena ini, maka perlu adanya kemauan dan kepedulian dari semua pihak untuk kembali mempromosikan, mensosialisasikan, mengajarkan dan mengajak kepada anak-anak dan remaja untuk kembali mencintai permainan tradisional. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan permainan tradisional kepada anak-anak di Desa Genilangit Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan dan anak-anak dapat mengurangi intensitas permainan game di smartphone. Pemain congklak memiliki manfaat bagi pemainnya, dimana permainan yang menggunakan logika berpikir secara matematis ini mampu memberikan pengalaman kepada anak-anak, bagaimana cara berhitung, membagi dan mengurutkan biji congklak dengan baik dan benar. Permainan ini dapat dimainkan oleh anak-anak TK dan SD dan mampu memupuk pengetahuan anak terhadap kemampuan berhitung. Sedangkan bagi anak-anak SD yang sudah mahir dalam perhitung, maka permainan ini memberikan pembelajaran bagaimana strategi yang tepat untuk memenangkan permainan ini
PkM: Pelatihan Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Aplikasi Mendeley Di STMIK Pelita Nusantara Petti Sijabat; Fristi Riandari
TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Vol. 4 No. 1 (2021): Mei: TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)
Publisher : Institute of Computer Science (IOCS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kebutuhan mahasiswa akhir untuk memanfaatkan fasilitas aplikasi mendelay semakin berguna dalam meningkatkan percepatan penyelesaian skripsi. STMIK Pelita Nusantara Medan terkhusus mahasiswa akhir ada beberapa yang telah memberdayakan aplikasi mendelay sebagai sarana untuk membuat daftar pustaka otomatis. Namun beberapa kendala masih ada, mengingat tidak semua mahasiswa akhir mampu mengenali dan memanfaatkan aplikasi mendelay dengan baik Seperti dicontohkan mahasiswa akhir di tahun 2020 di STMIK Pelita Nusantara masih banyak yang membuat daftar pustaka secara manual. Sasaran dalam program pengabdian ini adalah meningkatkan kemampuan mahasiswa akhir STMIK Pelita Nusantara Medan dalam penggunaan teknologi informasi yaitu dengan pelatihan membuat daftar pustka otomatis dengan aplikasi mendelay sehingga mampu memanfaatkan sarana yang ada di aplikasi Mendelay untuk kepentingan penyelesaian skripsi serta meningkatkan kemampuan dalam media pembelajaran melalui pelatihan membuat daftar pustaka otomatis dengan aplikasi mendelay. Berdasarkan hasil pengamatan dan evaluasi di pelatihan membuat daftar pustka otomatis dengan aplikasi mendelay di STMIK Pelita Nusantara terlihat mahasiswa mengikuti pelatihan dengan sangat antusias. Pelatihan membuat daftar pustka otomatis dengan aplikasi mendelay di STMIK Pelita Nusantara dilaksanakan selama 1 hari yaitu pada tanggal 15 Maret dengan jumlah peserta yang di rencanakan sebanyak 16 mahasiswa. Pemateri yang mengikuti program pelatihan ini memiliki disiplin ilmu yang berbeda-beda sesuai dengan bidang keahlian dan mata pelajaran yang diampunya.
PkM: Pendampingan Penyusunan Peta Kelurahan Berbasis WebGIS Untuk Penunjang Pembangunan Bagi Pemerintah Kelurahan Rowosari, Kota Semarang Abdi Sukmono; Arief Laila Nugraha; Moehammad Awaluddin; Fauzi Janu Amarrohman; Safira Devi Kirana
TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Vol. 4 No. 1 (2021): Mei: TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)
Publisher : Institute of Computer Science (IOCS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemerintah Desa/Kelurahan sebagai unit pemerintahan terkecil di Indonesia memiliki perananan yang Pembangunan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pelaksanaan pembangunan desa/kelurahan sangat membutuhkan sebuah data penunjang berupa peta. Sesuai amanah UU No 6 Tahun 2014 Pasal 17 ayat 2 disebutkan tentang peta desa/kelurahan yang menunjukkan batas wilayah. Desa/Kelurahan diwajibkan memiliki peta yang dapat digunakan sebagai penunjang pelaksanaan pembangunan. Spesifikasi teknis peta desa/keluarahan telah dikeluarkan oleh Badan Informasi Gespasial melaui Perka No 3 Tahun 2016 tentang spesifikasi teknis penyajian peta desa/kelurahan. Namun dalam pelaksanaannya dengan jumlah SDM Informasi Spasial di Tingkat Daerah yang masih terbatas belum tentu semua pemerintah daerah telah menyusun Peta Desa/Kelurahan. Pemerintah Kelurahan Rowosari sebagai Pelaksana Pemerintahan daerah sangat berkomitmen terhadap pembangunan sehingga melihat pentingnya peta desa/kelurahan. Akan tetapi keterbatasan pengetahuan dasar dalam penyusunan informasi geospasial menjadi salah satu permasalahan utama. Berdasarkan hal tersebut, Universitas Diponegoro sebagai salah satu universitas yang berkomitmen dalam pengembangan masyarakat daerah berusaha menjembatani permasalahan tersebut melalui program pengabdian kepada masyarakat untuk melaksanakan pendampingan penyusunan Peta Kelurahan berbentuk Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis Web atau lebih dikenal sebagai WebGIS. Hasil Program pengabdian kepada masyarakat ini berupa Peta dalam bentuk cetak dan WebGIS Infrastruktur dan Sebaran Potensi UMKM Kelurahan Rowosari yang dapat diakses secara online dan diintegrasikan dalam website Kelurahan Rowosari. Keberadaan Peta dan WebGIS ini mampu menjadi sarana rujukan perencanaan pembangunan dan publikasi potensi Kelurahan Rowosari
Pelatihan Pengolahan Angka Dengan Microsoft Excel Untuk Staff Desa Kota Batu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Helina Apriyani; Enok Tuti Alawiah; Dicky Haryanto; Rahmat Tri Yunandar
TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Vol. 4 No. 1 (2021): Mei: TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)
Publisher : Institute of Computer Science (IOCS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pengabdian masyarakat. Salah satu cara untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi adalah dengan melakukan pengabdian masyarakat yaitu Pemerintaham Desa Kota Batu berada di Jalan Melati Desa Kota Batu Kecamatan Ciomas Bogor. Saat ini mitra memiliki kemampuan terbatas dalam memahami Microsoft Excel dan belum memiliki keahlian dalam pengolahan angka serta membuat laporan keuangan dengan Microsoft Excel. Solusi yang ditawarkan berupa pelatihan yang bertujuan agar staff pemerintahan desa mempunya kemampuan untuk memahami Microsoft Excel, memahami fungsi dan dapat mengolah angka serta membuat laporan keuangan sederhana dengan Microsoft Excell. Luaran kegiatan akan ada dalam bentuk publikasi pada media massa nasional dan dokumentasi kegiatan dalam bentuk foto dan video kegiatan. Kata Kunci: pelatihan excel, pengolahan angka, laporan keuangan
Kiat Menghadapi Tantangan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Ella Silvana Ginting; Tya Wildana Hapsari Lubis; Suci Pertiwi
TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Vol. 4 No. 1 (2021): Mei: TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)
Publisher : Institute of Computer Science (IOCS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Semenjak pandemi Covid 19 melanda banyak negara di dunia termasuk Indonesia, dan jumlah pasien positif terpapar Covid 19 terus bertambah membuat Pemerintah mengambil kebijakan untuk mencegah penyebaran Covid 19 agar tidak terus meluas. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan merespon dengan cepat dan tanggap menutup semua sekolah dan merumahkan peserta didik serta mengeluarkan kebijakan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dengan belajar dari rumah, melalui pembelajaran daring. Keadaan seperti ini merupakan tantangan yang harus dilewati bukan hanya saja guru, peserta didik, tetapi juga para orang tua peserta didik. Peraturan Kemdikbud mengenai penutupan sekolah dan merumahkan semua peserta didik tentunya berdampak besar bagi dunia pendidikan, termasuk bagi peserta didik di SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Sekolah ini terpaksa harus ditutup selama masa pandemi Covid-19, hal ini tentu berimbas pada peserta didik di mana mereka harus mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru yaitu belajar dan sekolah dari rumah. Implementasi pembelajaran daring pada awal mula diterapkan, berjalan dengan lancar dan mendapat sikap antusias positif dari para peserta didik. Namun, seiring berjalannya waktu, terdapat keluhan dari para peserta didik seperti banyaknya tugas yang diberikan kepada para peserta didik, terbatatsnya kuota internet dan seringnya terjadi gangguan jaringan ketika proses belajar mengajar berlangsung membuat mereka merasa jenuh dan kesulitan. Untuk itu maka diperlukan kiat dalam menghadapi tantangan pembelajaran daring ini agar para peserta didik tidak merasa jenuh dan tetap bisa fokus dalam menerima pembelajaran dari guru. Hasil yang dicapai adalah respon positif dari para peserta didik dan guru di SMA Negeri 1 Lubuk Pakam yang mengharapkan agar nantinya kegiatan pelatihan seperti ini akan sering dilakukan di SMA tersebut. Kesimpulan dengan adanya pelatihan kiat menghadapi tantangan pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19 ini adalah memberikan pengetahuan tentang mengatur waktu dan mengelola stress sehingga peserta didik dapat mengindari kejenuhan selama pembelajaran daring.

Page 1 of 1 | Total Record : 7